E-COMMERCE & IT BISNIS
Pengertian E-commerce (perdagangan elektronik)
E-commerce adalah penyebaran,penjualan,pembelian,serta pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan sistem elektronik seperti internet,TV dll. mulai dari fungsi sampai jenis-jenis e-commerce yang berbagai macam.
E-commerce dibagi menjadi beberapa macam :
- Business-to-business (B2B) adalah Jenis e-commerce di mana transaksi baik secara elektronik maupun fisik antar bisnis yang satu dengan bisnis yang lain. Dalam model e-commerce ini, pembeli biasanya memesan barang dalam jumlah banyak. Contohnya adalah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari produsen.
- Business-to-Consumer (B2C) Dalam jenis e-commerce ini, perusahaan menjual produk atau layanan kepada konsumen akhir. Secara umum, pelanggan e-commerce B2C hanya terlibat dalam industri ritel. Aktivitas ini termasuk dalam kategori ini jika Grameds sebelumnya telah membeli sesuatu dari toko online.contohnya bisnis B2C yang cukup populer di Indonesia adalah Lazada,Traveloka dll.
- Antar Konsumen (C2C) Apakah Grameds pernah menjual barang bekas kepada orang lain yang membutuhkan melalui Internet? Kegiatan tersebut termasuk dalam jenis e-commerce ini. Dengan kata lain, C2C adalah transaksi online antara dua orang.contohnya platfrom C2C ynag sudah terkenal adalah Bukalapak,Shopee.
- Consumer to Business (C2B) adah tidak seperti B2C. E-commerce C2B adalah sistem di mana seseorang menjual produk atau layanan ke perusahaan yang membutuhkan dan siap untuk membelinya. Misalnya, desainer grafis menawarkan dan menjual logo ke perusahaan makanan.
- Business-to-Government (B2A) adalah model e-commerce ini mirip dengan B2B, tetapi pelakunya adalah perusahaan dan instansi pemerintah. Contoh B2A adalah layanan pembuatan website untuk sistem manajemen online.
- Consumer to Government (C2A) adalah jenis e-commerce yang bekerja seperti C2B. Namun, transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. E-commerce dengan model C2A jarang ditemukan di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya berupa jasa.
- Online-to-Offline (O2O) O2O adalah jenis e-commerce yang menarik pelanggan dari saluran online untuk toko fisik. O2O mengidentifikasikan pelanggan di bidang online seperti email dan iklan internet, kemudian menggunakan berbagai alat dan pendekatan untuk menarik pelanggan agar meninggalkan lingkup online.jenis ini banyak digunakan pada sektor transportasi seperti Gojek dan Grab.
Metode Pembayaran Dalam E-Commerce
Metode pembayaran ini dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:
Pembayaran Secara Elektronik
Metode pembayaran ini yang paling sering digunakan karena dianggap mudah, cepat dan aman
metode pembayaran ini dapat digunakan dengan kartu kredit, Gopay, Dana dll.
Pembayaran Lewat Transfer
Pembayaran dengan menggunakan cara transfer dana dilakukan melalui mesin ATM, internet
banking, maupun mobile banking.
Cash On Delivery (COD)
Transaksi COD dianggap paling aman oleh sebagian orang.pada metode pembayaran ini, poembeli
dan penjual bertemu secara langsung atau diwakilkan oleh kurir dan melakukan transaksi secara
tatap muka.
Manfaat E-commerce:
1.Meningkatkan Branding
2.Dapat Meningkatkan Pangsa Pasar
3.Menurunkan Biaya Operasional
4.Meluaskan Jangkauan
5.Bisnis Berjalan Selama 24 Jam
Dampak Negatif E-Commerce:
1.Masih Rawan Penipuan Online
2.Farming Data Pribadi
3.Gangguan Layanan
4.Kehilangan Kepercayaan Dari Konsumen
Kesimpulan:
Dimasa yang akan datang E-Commerce ini akan berkembang, karena semua hal telah beralih ke
digital termasuk jual beli.Sehingga memiliki E-Commerce merupakan peluang terbaik untuk
masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar